(021) 54319193 kantorhukum1@gmail.com

Non Litigasi

Legal Due Deligence

Setiap Pengguga Anggaran, Pengguna Jasa, Penyedia Jasa perusahaan, Serikat Pekerja, unit layanan pengadaan dan asosiasi wajib memenuhi kewajiban-kewajiban hukum, yang di tentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta dalam melaksanakan usaha yang berkaitan dengan transaksi-transaksi dan atau kerjasama yang di dasarkan perjanjian, perlu dan harus memperhatikan dan menerapkan kaidah hukum yang tepat dan benar agar terhindar dari risiko kerugian-kerugian akibat kesalahan penerapan aspek-aspek hukum, maka sangatlah perlu suatu usaha/perusahaan agar dilakukannya audit yang berkaitan dengan legal due diligence secara komprehensif dan menyeluruh.

Legal Audit adalah suatu bentuk layanan jasa hukum yang merupakan pemeriksaan menyeluruh atas dokumen-dokumen, perizinan-perizian, perjanjian-perjanjian, praktek perusahaan dan peraturan-peraturan perusahaan berdasarkan analisa hukum (legal opinion) sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku dan kondisi praktek perusahaan yang baik (Good Coporate Govermance) serta perkembangan hukum yang berlaku.

Nasihat Hukum (Legal Advice)

Orang pribadi/badan hukum dalam melakukan suatu kegiatan/usaha tertentu, maupun menyelesaikan masalah terkait dengan aspek hukum, selalu menginginkan suatu hasil yang benar dan tidak mengalami kerugian baik materil maupun immateril maka haruslah mengerti dan paham akan aspek-aspek hukum yang harus di lakukan dan di jalankan secara tepat dan benar berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Legal Advice & opinion adalah suatu layanan jasa hukum yang berupa nasehat hukum/pendapat hukum atas dasar suatu masalah tertentu. Law Office Raden Adnan & Partners akan menganalisa masalah dan seluruh faktor-faktor yang ada, baik dokumen-dokumen, fakta-fakta, kondisi-kondisi obyektif dan subjektif yang terjadi, kemudian diberikan pendapat/nasehat hukum tentang status hukumnya beserta jalan keluar dan tindakan yang harus dilakukan oleh klien kami.

Masalah Kontrak/Dokumentasi Hukum (Legal Drafing)

Dalam menjalankan sesuatu/perusahaan hubungan-hubungan dengan mitra usaha maupun konsumen, transaksi-transaksi yang dilakukan selalu dengan perjanjian/kontrak seperti kerjasama, hubungan hubungan hukum, memorandum of understanding, Perjanjian Hutang Piutang dan lain lain. Pada prinsipnya seorang Pengguna Jasa, Unit Layanan Penygadaan, Penyedia Jasa/usahawan, Asosiasi dan Serikat Pekerja/Buru mengerti betul akan seluk beluk/ lika-liku bisnis yang dijalaninya, namun dalam hal pembuatan kontrak/perjanjian kurang memahami aspek hukum yang baik dan benar, sehingga dalam pelaksanaan perjanjian timbul kendala yang merugikan, disebabkan pada saat membuat perjanjian kurang diperhatikan klausal/syarat dalam isi perjanjian. Kurang dipenuhinya aspek- aspek hukum tersebut menimbulkan konflik-konflik yang merugikan secara materil maupun immaterial. Aspek dan bahasa hukum dalam suatu kontrak mempunyai spesifikasi sendiri yang berbeda dengan bahasa ilmiah atau sehari-hari untuk dapat membuat suatu kontrak yang baik, perlu keahlian dan pengalaman khusus tentang teknik-teknik Legal Drafting.

Perlindungan Kepentingan Hukum (Legal Protection)

Legal protection pada dasarnya suatu layanan jasa hukum dalam kaitannya dengan fungsi advokat sebagai In House lawyer. Advokat bertugas untuk mengantisipasi dan menanggulangi tuntutan/klaim dari pihak lain, dengan mengambil langkah-langkah hukum yang tepat dan benar sesuai hukum yang berlaku. Pengusaha dalam menjalankan usahanya sering menghadapi hambatan-hambatan baik yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab maupun dari pihak manapun yang dapat merugikan bahkan menghancurkan nama baik dan atau kedudukan usaha. Untuk menanggulangi hal tersebut maka perlu adanya proteksi secara hukum atas klaim/tuntutan dan gugatan, sehingga resiko kerugian yang lebih besar dapat dihindarkan.

Negosiasi

Banyak orang berbisnis tidak menyadari bagaimana pentingnya peranan yang dimainkan seorang Advokat dalam suatu transaksi bisnis, sehingga mereka baru datang ke Advokat setelah timbul sengketa. Padahal dalam banyak hal, sengketa pada umumnya dapat dielakkan jika sejak awal dari suatu hubungan bisnis berjalan dengan baik, maka mesti hadir di meja negosiasi adalah mereka yang menguasai seluk beluk bisnis plus advokat. Mereka mewakili kepetingan bisnis akan melihat dari aspek hukum dan formulasinya ke dalam kontrak. Banyak hal yang bisa diselesaikan dengan baik di meja negosiasi, jika ada advokat yang mengerti dan memahami betul tentang teknik-teknik negosiasi juga mencari solusi.

Pengurusan Berbagai Perizinan Penting dan Masalah-masalah Organisasi Pada Umumnya (License Organizing)

Bentuk layanan jasa hukum yang diberikan Law Office  Raden Adnan & Partners dalam pengurusan izin-izin di Indonesia banyak sekali yang harus dipenuhi dalam melaksanakan suatu usaha seperti :

  • Akta Pendirian dan Pendaftaran Badan Hukum
  • Surat Izin Usaha, Tanda Daftar Perusahaan, Izin Tempat Usaha, izin Undang- Undang-Undang Gangguan (HO) (Hinderordonnantie) S. 1926-226
  • Perizinan Ketenagakerjaan
  • Hak-Hak Paten , Cipta dan Merek – Hak Lisensi Paten, Lisensi Merek
  • Sertifikat hak-hak atas tanah seperti Hak Milik Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha, dll.
  • Izin-Izin yang berkaitan dengan keimigrasian
  • Hukum Tentang Kontrak/Perjanjian/Perdata
  • Hukum Konstruksi
  • Hukum Kepailitan.
  • Hukum Tenaga Kerja/Perbruhan
  • Dan masalah-masalah organisasi manajamen lainya.